Bagaimana Memulai Bisnis Di Tengah Pandemi Dengan Modal Minim

Ambil pena dan kertas, lalu catat panduan Cosmo berikut untuk memulai bisnismu. Aidil, seorang pengusaha kuliner Laksamana Reborn yang sudah memiliki beberapa cabang di Pekanbaru dan Dumai berbagi tips untuk yang ingin memulai usaha. Saat ini hampir semua orang gak bisa hidup tanpa media sosial. Makanya, banyak perusahaan atau produk yang memakai media sosial untuk media promosi mereka. Nah, di sinilah peluang kamu untuk menjadi seorang admin yang mengoperasikan medsos perusahaan atau sebuah produk.

Pasarkan dengan tetap menjunjung penerapan protokol COVID-19 agar calon pelanggan percaya dengan keamanan jasa Anda. Jika bisnis kamu bergerak di bidang produk, manfaatkan media sosial sebagai tempat untuk berpromosi secara gratis, seperti di Instagram atau website pribadi. Jangan lupa juga untuk mempromosikan produk kamu di berbagai local market serta pameran-pameran serupa yang biasanya “ramah” terhadap para pebisnis baru. Setidaknya, 51% bisnis mikro dan kecil di Indonesia serta 34% kategori bisnis menengah kini dimiliki oleh wanita.

tips sukses bisnis untuk pemula

Pemerintah telah menetapkan pembelajaran jarak jauh diterapkan untuk tahun ajaran 2020/2021 selama pandemi belum berakhir. Tidak sedikit orang tua yang kesulitan mendampingi anak-anak mereka belajar dari rumah. Terlebih di masanew normalini, kebanyakan karyawan sudah mulai kembali bekerja dari kantor, aliaswork from office. Ini sebenarnya peluang bagi Anda yang bergerak di segmen pendidikan.

Artinya, peluang untuk memasarkan produk atau usaha yang kamu punya melalui media sosial makin terbuka lebar. Idealnya, kamu sudah membuat perkiraan modal untuk jumlah stok produk atau target penjualan per bulan. Dengan begitu, kamu bakal tahu berapa keuntungan bersih yang didapatkan.

Semua strategi bisnis perlu dijalankan dengan mengoptimalkan modal yang ada untuk mendapatkan cuan atau keuntungan maksimal. Kelak, saat perekonomian sudah mulai bangkit dan stabil, baru Anda bisa lebih berani berekspansi dan mengeluarkan modal lebih besar. Namun, karena usaha baru ini menjadi tumpuan baru pendapatan sedang penghasilan rutin Anda tengah terpukul, pastikan Anda bijak menggunakan modal kerja sembari tetap serius menjalankannya.

Tapi yang jelas, penting untuk melakukan perhitungan modal secara cermat sebelum memulai usaha. Kamu harus mengetahui kebutuhan pasar biar tidak salah sasaran. Saya jamin buat Anda para pemula, para pengusaha yang baru mau terjun ke dunia online, bakal dapat pencerahan untuk berbisnis lewat Facebook secara lengkap, gak setengah-setengah. Mungkin Anda bisa nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis lewat Facebook lainnya di internet. Lebih baik Anda bermain aman dengan menerapkan prinsip efisiensi.

Pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick ini menyarankan jika ingin memulai bisnis, maka lakukanlah jangan terlalu banyak berpikir. Untuk mulai berinvestasi emas, kamu nggak perlu punya uang banyak. Setidaknya kamu punya uang senilai 1gram emas, maka itu sudah cukup. Angka ini mungkin jauh lebih tinggi kala pandemi seperti sekarang.

Sesuaikan kebutuhan modal dengan kondisi Anda sekarang ini. Sebagai contoh, Anda mengalami penurunan pendapatan cukup drastis gara-gara pandemi dan uang tabungan mulai terpakai untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Pastikan tetap bijak memutuskan pemakaian dana tabungan untuk modal bisnis. Lebih amannya, mulailah bisnis perlahan saja dengan modal seminim mungkin.

Dengan kondisi pandemi yang masih membatasi banyak aktivitas masyarakat, pilih bisnis yang paling memungkinkan dijalankan di tengah situasi seperti ini. Apabila Anda sebenarnya masih memiliki pekerjaan tetap dan usaha tersebut hanya sebatasside hustle, buatlah pengaturan waktu yang baik supaya pekerjaan utama Anda tidak sampai terganggu. Memulai bisnis di tengah pandemi bisnis tidak harus langsung memakan modal besar.